!

Niken's Story

Tempat buat ngeluarin uneg2....curhat ga jelas.. keluh kesah yang ga selesai - selesai.. ngomongin sesuatu yang penting sampe ga penting banget.. n Everything about Me , Myself & Mine ....

Wednesday, June 21, 2006

belajar

ngomong - ngomong soal belajar.. sebenernya saya bukan tipe orang yang seneng banget buat belajar sesuatu yang baru... apalagi belajar sesuatu yang memang pada dasarnya nggak saya minati... tapi..kalo memang suatu keharusan dan diniatin..pasti saya berusaha keras buat pelajari dan do my best...

waktu jaman sekolah dulu..biarpun ngga cemerlang - cemerlang amat tapi raport saya nggak pernah mengecewakan... termasuk pas waktu kuliah... beasiswa pun beberapa kali mampir ke saya..
makanya.. saya tau banget gimana susahnya berusaha buat ngasih prestasi yang terbaik ke diri sendiri & orang tua..

untungnya.. jaman saya sekolah dulu.. ujian nasional nggak kaya sekarang ini...
dulu.. kayanya separah - parahnya murid di sekolah pasti tetep lulus..
biarpun abis itu kebingungan mo nerusin kmana..
kalo sekarang.. ujian nasional udah jadi masalah yang serius buat dunia pendidikan di indonesia..
gimana nggak.. kalo masa depan murid hanya tergantung dari hasil ujian yang cuma dua jam berlangsungnya.. jadi hasil kerja kerasnya selama tiga tahun itu sama sekali ngga punya pengaruh buat penentuan masa depan..

sebenernya kalo diliat lebih jelas lagi sebetulnya ini bukan semata - mata salah pemerintah..
standard kelulusan yang diterapkan juga nggak tinggi - tinggi banget..
tapi ya begitulah.. namanya ujian..banyak faktor yang juga nentuin..
bukan cuma bisa apa enggaknya siswa itu ngerjain.. tapi juga kemampuan dia buat berkonsentrasi ngerjainnya.. rapi apa nggaknya pengisian jawaban ujian pake pinsil 2b.. sampe proses scanning jawaban ujian itu via komputer..

kalo pendapat saya.. lebih baik memang parameter yang digunakan dalam menentukan kelulusan bukan cuma nilai hasil ujian akhir.. tapi keseluruhan nilai yang didapat dari awal masuk sekolah.. yah.. kaya kuliah gitu..ada nilai tiap semester..ada nilai kumulatifenya...
trus ada nilai tiap mata pelajarannya..ada juga nilai ujian akhirnya.. itu semua punya bobot masing - masing.. jadi perhitungannya jelas..bukan cuma nilai ujian akhir aja..
tapi mata pelajaran yang dikasi yang penting - penting aja.. kualitasnya aja yang ditambah..

hmm.. tapi ya ginila realita..
nggak semuanya sesuai sama keinginan kita...
dan pemerintah nggak bisa dipaksakan untuk menentukan standardnya sesuai standard masyarakat pada umumnya.. apalagi standard saya.. hehehhehe... ;)

balik lagi ke saya.. sekolah lagi jadi salah satu impian saya yang belum terwujud..
kalo memang ada rejeki dan kesempatan.. saya nggak akan berpikir dua kali buat nerusin belajar lagi bidang yang emang saya minatin ini..

dan selain belajar n nerusin S2 hukum lagi, ada satu bidang lagi yang pengen banget saya pelajarin...
saya pengen belajar buat memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain...
dan ini yang jauh lebih berat buat saya..
karena kesempatan ini selalu ada ..tapi saya nggak mau menggunakannnya..
mungkin saya harus benar - benar bicara pada hati dan pikiran saya buat belajar bidang ini...
atau mungkin saya harus belajar dari orang lain bagaimana caranya...
sungguh.. sebenernya saya mau sekali melakukannya.. tapi saya nggak bisa...
hmmm..... i wish i could......

2 Comments:

Post a Comment

<< Home